Sunday, August 1, 2010

Sepedahan Bersama: Gn Pancar 2 dan Turun Off Road

Sebenarnya sepedahan kali ini iseng aja dan ajak Bro Aloy, tadinya ada rencana anak2 berenang jam 10 jadi cari yang lumayan agak jauh tapi bisa pulang cepat. Akhirnya diputuskan ke Gn Pancar. Karena anak2 ngak jadi berenang jadi agak santai, tetapi pengin cepat aja baliknya.
Berakngkat dari rumah sekitar jam 6:15, Bro Aloy tiba skt jam 6. Langsung siap2 jalan ke arah Sentul Belanova lewat off road pinggir Tol. Sampai di Sentul makan waktu sekitar 30 menit agak santai, ngikutin pace Bro Aloy.
Dari situ langsung tancap gowes ke arah Babakan Madang (setelah mendekati gerbang Sentul) belok kiri ke arah jalan Babakan Madang (belok kanan di pertigaan).
Lumayan agak jauh dan menguras stamina, makan pagi cuman diisi roti, Bro Aloy tampak lumayan kecapaian. Setelah istirahat sebentar di warung dekat Jembatan, ada beberapa goweser yang lewat tampak mau naik ke atas juga sepertinya.
Setelah tiba di pertigaan ke arah Gn Pancar jalan turun sedikit lalu langsung nanjak 45 derajat dan tanpa henti sampai pintu gerbang. Tadinya pengin tidak berhenti akhirnya sempat berhenti sekali. Lumayan lah dulu pertama kali berhenti 2 kali dan cukup lama kali ini stamina dan otot kaki lebih terasa kuat. Namun tetap saja sampai di pintu gerbang Gn Pancar kaki mulai lemas otot panas karena cukup di paksa nanjak. Bro Aloy juga lumayan kecapaian karena baru pertama tapi gigi tetap mencoba nanjak. Sampai di gerbang bayar 2000 per orang. (Dulu digetok 7000 wah sial juga). Langsung jalan nanjak lagi di hutan pinus. Sampai di pertigaan ke arah Giri Tirta tadinya mau coba ke sana dulu jalan off road macadam namun setelah tanjakan pertama terlihat jalan menurun dan kebayang jalur kembalinya nanjak lagi, bikin malas aja karena di daerah Giri Tirta sudah pasti ngak ada Warung untuk istirahat, akhirnya diputuskan putar balik dan kembali ke tanjakan ke Gn Pancar dan berhenti di Warung tempat nongkrong para DownHiller.
Pagi itu sudah ada yang DH sendirian padahal semalam hujan besar sudah kebayang jalan tanah pasti licin habis. Ternyata benar, pas lagi nongkrong minum teh manis hangat dan makan Pisang goweser DH yang baru naik lagi pakai pick up (wah ngak aci nih para DH memang malas ya). Cerita waktu turun licin abis di dorong aja licin, tapi ternyata ada 2-6 orang yang datang bersamaan langsung menurunkan tunggangannya. Ada yang Pakai Intense DH, SantaCruz, Glory dsb, mantap memang perlengkapannya.
Setelah minum teh manis hangat dan embat 2 pisang langsung diputuskan untuk balik karena jam mendekati jam 9. Kali ini tidak turun di jalur aspal namun ambil ke arah kiri jalan macadam off road untuk turun ke arah Sentul mau coba jalur off roadnya. Waktu turun sempat tanya dan diarahkan ke jalur villa bukan ke Sentul jadi putar balik lagi. Dan setelah menemukan jalan yang tepat langsung melaju turun di jalur tanah yang cukup licin namun padat. Seat post langsung di drop dengan gravity dropper biar asyik dan kaki bisa menapak.
Di jalan turun ketemu hiker 2 orang dari bawah sekalian tanya jalur nya benar, dan sekaligus dapat info jalan parah, dan jeblok. Hmm... namun sudah kepalang akhirnya tetap di laju turun. Ternyata benar jalur tanah merah bergelombang besar, sempat nyusruk pelan setelah menabrak gundukan tanah setelah direm mau ambil jalur lain, terlambat untuk pelan jadi tidak ada apa cuman tanah nyangkut ke handle dan kena GPS.
Jalur tanah tambah parah dengan tanah merah gembur yang melesak bila dilalui, pilih jalur hati2 dan yang parah tanah nempel abis di ban dan nyangkut di chain stay sehingga ban sulit bergerak.
Akhirnya ketemu sungai langsung cari jalur turun ke sungai untuk cuci ban dan chainstay dulu melepaskan lumpur tanah merah yang nyangkut.

Cuci ban bareng Bro Aloy

Setelah cuci ban selesai jalan dilanjutkan masuk kampung ke arah Sentul lewat sebuah tembok yang dibobol. Ternyata jalan tembus dan tiba di bagian Sentul diseberang Bukit Sentul. Hanya saja lewat sini ada satu yang tidak enak nanjak lagi ke arah Taman Fantasi Taman Budaya, lumayan stamina yang sudah terkuras dan belum sarapan yang benar disuruh nanjak lagi. Setelah itu turun ngebut ke arah Bellanova, dan kembali ke jalur pingir Tol tak terasa jam bergerak terus. Sambil nunggu Bro Aloy yang ketinggalan dibelakang. Sampai dirumah cukup cape juga, apalagi Bro Aloy yang baru pertama gowes lebih dari 2 jam an. Meski pelan2 dan dengan gigih akhirnya sampe di rumah dan langsung tancap pulang. Saya sendiri mandi dan langsung berangkat lagi untuk menunaikan tugas belanja mingguan ke supermarket bareng keluarga. Minimal sudah ketemu jalur off road ke Gn Pancar.
Peta Jalur Gn Pancar dan Off Road turun

Jalur GPS dapat dilihat di www.gpsed.com