Tuesday, August 17, 2010

Bike Equipment: Celana untuk XC Trail Riding

Pilih-pilih celana untuk XC trail (bukan untuk downhill yang memang tebal) cukup sulit, gampangnya beli yang merek terkenal TLD (Troy Lee Design), Fox, Enduro, dsb. Dan tidak semuanya tersedia di dalam negeri. Memang kualitas mantap, bahan agak tebal namun ringan, fitur celana sudah lengkap mulai dari zippered pocket (dengan retsleting) agar barang2 tidak berjatuhan, ada yang sudah berikut celana inner padding (celana sepeda), ada yang disertai dengan pengencang pinggang dsb.

Cari-cari celana yang lumayan tapi murah cukup sulit, waktu itu iseng di Bandung jalan2 ke outlet yang sederhana ketemu celana pendek yang lumayan menarik ada yang sedengkul dan ada juga yang 3/4 mereknya Blue Harbour StormWear, kata penjualnya ini sisa ekspor Mark&Spencer memang di google ada merek tersebut. Harganya yang relatif murah langsung di beli dengan ukuran yang pas ada warna biru dan cream/khaki. Tidak sengaja dicoba terkena limpasan air, ternyata bahan celana sudah water repelant alias tidak mudah menyerap air (sepertinya diberi lapisan tertentu benangnya) namun tidak terasa panas. Tidak salah pilih, fitur celana sudah lengkap seperti zippered pocket di kantung belakang, dan di depan, ada gantungan untuk HP di salah satu celana, gantungan celana belakang, dan pinggang ada pengencang dengan karet (meski tidak terlalu membantu perlu ban pinggang untuk outdoor untuk lebih mantapnya). Tentunya bahannya yang ringan sangat membantu waktu trekking (memang bukan untuk downhill yang perlu perlindungan extra). Ternyata setelah googling ini celana untuk trekking.

Boleh dicoba untuk dipakai sepedahan outdoor. Sepertinya fitur water repelant dapat membantu agar celana tidak mudah lepek basah baik oleh keringat maupun limpasan air waktu melewati genangan air, sungai, gerimis dsb.

Masalah utama, barangnya susah dicari, karena memang sisa ekspor dan hanya tersedia di outlet tertentu meski harganya relatif murah. Ukuran juga mungkin tidak mudah didapat

Blue Harbour - StormWear
Celana sedengkul warna biru tua
Warna Cream, Biru, dan celana 3/4
zippered pocket di bagian depan
Karet di pinggang dan terlihat warna merah untuk menggantung celana
Zippered pocket di bagian dalam kantung belakang ada dua kantung jadinya
Fitur water repelant terlihat air tidak menyerap dan hanya menggumpal seperti peribahasa air di daun talas tinggal dikebas air langsung terlepas tidak menyerap

1 comment:

  1. Om... Nama outletnya apa yah om?? kepengen juga punya celana kaya gitu...

    ReplyDelete