Thursday, August 12, 2010

Bike Equipment: Clipless Pedal dan Sepatu

Mungkin salah satu hal yang cukup sulit dikuasi selama bersepada MTB tahun ini adalah belajar menggunakan clipless pedal (jaman dulu sepeda balap menggunakan clip atau sarung sepatu agar sepatu tidak mudah lepas dari pedal). Teknologi terakhir sudah menggunakan clipless (istilah nya dimana clip atau sarung tidak digunakan lagi) namun sepatu melekat ke pedal dengan suatu mekanisme pengait dibawah sepatu, diperkenalkan sepertinya di road bike balap lalu mulai populer juga di MTB.

Keunggulan Clipless                
Membuat kayuhan lebih efisien karena kaki/sepatu melekat ke pedal baik waktu menggenjot pedal kebawah maupun membantu mengangkat pedal keatas.  Gerakkan sepatu/kaki di pedal juga minim sehingga tidak ada risiko kaki melesat dari pedal karena licin. Untuk balap sudah umum harus menggunakan clipless untuk efisiensi kayuhan maksimal

Kelemahan Clipless
Untuk pemula perlu learning curve yang cukup panjang belum lagi risiko jatuh (jatuh bodoh, lupa melepaskan kaki). Tentunya perlu investasi pedal clipless + sepatunya.

Ada berbagai metoda clipless namun tipe clipless SPD - dari Shimano cukup terkenal dan banyak dipakai. Tentunya ada dua sisi yaitu pedal clipless dan sepatu yang sudah bisa menggunakan clipless.

Biasanya pada saat membeli clipless pedal disertai dengan istilahnya "Cleat" itu sendiri yang harus di baut/di sekrup ke bagian bawah sepatu yang sudah menyediakan lubang untuk memasang cleat. Sehingga secara prinsip cleat yang digunakan disesuaikan dengan clipless pedal yang digunakan.

Selain Shimano SPD series, tentunya banyak produsen lain yang mengeluarkan pedal clipless salah satu yang terkenal adalah pedal clipless buatan crank brothers dengan seri "egg beaters" yang minimalis dan ringan di bobot sehingga banyak digunakan untuk racing. Namun tidak bisa di atur kekerasan cleat merekat ke pedal.

Untuk pemula dengan SPD series bisa menggunakan brand Shimano atau yang compatible dengan SPD, Shimano M520 adalah entry level lalu ada M540, M770 (XT series) dan M940 (XTR series) biasanya berpengaruh pada bobot.

Berikut link dari website shimano untuk clipless sepeda MTB
http://bike.shimano.com/publish/content/global_cycle/en/us/index/products/pedals/mountain.html

Pedal
Saya sendiri menggunakan clipless pedal Shimano M520 yang cukup bersahabat harganya waktu mencoba pertama kali. Dan ada juga clipless pedal bawaan Trance X0 dengan merek Exustar yang beratnya setara dengan berat model M770 XT series. Dari pengalaman yang M520 masih lebih mudah menggunakannya sedangkan tipe Exustar sedikit lebih sulit dalam memasukkan cleat ke pedal, meski cleat sudah bawaan dari pedalnya.
M520 Shimano SPD clipless

Exustar clipless


Sepatu
Selain dari pedal itu sendiri, maka untuk menggunakan clipless pedal harus menggunakan sepatu yang bisa dipasangi "cleat" dibagian bawahnya. Untuk pertama kali beli sepatu cleat menggunakan sepatu Shimano MT32 warna hitam yang cukup netral dengan warna perlengkapan sepeda apa saja. Shimano MT32 merupakkan sepatu clipless untuk MTB. Saat ini sepatu Shimano MT32 malah tidak dipasangi cleat dan lebih banyak menemani gowes dengan Trance X + pedal bukan clipless. Alasannya untuk gowes off road ke area gunung, single track dsb, masih belum pd takut jatuh bodoh (alias lupa melepaskan cleat dari pedal dan akhirnya jatuh, selama ini sudah 2 kali jatuh bodoh dengan clipless).
Sepatu clipless dipasaran cukup banyak jenis dan mereknya, dari yang paling murah untuk pemula, untuk yang serius dan untuk pembalap professional yang umumnya sudah menggunakan bahan karbon dan dengan alas kaki yang kaku. Untuk all mountain ada jenis nya juga yang favorit dari Shimano tentunya DX series, dengan flat bottom (datar tidak ada lekukan). Harganya tentunya bervariasi, kasta tertinggi bisa mencapai kisaran 2-3 jt an, untuk pemula dibawah 1jt an di kisaran 500rb sudah ok untuk mulai.

Shimano MT32 warna hitam

Sepatu clipless lebih buat ngebut. buat pemula Shimano SH-M123S foto dan barang beli di Wei Min Semeru Bogor. Dipasangkan dengan exustar clipless dan si biru Terrago. Seri ini ada yang lebih keren dgn harga lebih mahal sedikit dgn warna Putih hitam mirip zebra yaitu SH-M161W baru keluar di 2009 -2010

Terakhir cara menggunakan clipless dan melepasnya.
Memasukkan cleat ke pedal cukup mudah dengan mengira2 posisi cleat dimana lalu memasukkan bagian depan cleat dulu ke pengait di pedal baru bagian belakang cukup dengan menekan kaki kebawah.
Untuk melepaskannya perlu menyerongkan kaki/sepatu ke arah luar atau dalam dari pedal maka cleat langsung terlepas dari pedal. Perlu latihan berkali2 sehingga terbentuk reflek, karena jika tidak maka kadangkala keasyikan berhenti tapi lupa melepaskan cleat dari pedal lalu akhirnya jatuh bodoh... lumayan ada yang bisa pergelangan tangannya retak... loh (kata orang), mungkin terkantuk ke aspal atau batu.

Cara menggunakan cleat dan clipless pedal dapat dilihat di web berikut ini
http://www.youtube.com/watch?v=wcSF-7oJ1Ac

Beberapa website mengenai pedal
http://www.chainreaction.com/pedalfaq.htm

No comments:

Post a Comment