Thursday, August 12, 2010

Bike Equipment: Modifikasi Tas Ransel agar Hydration Ready

Waktu pertama kali mulai main sepeda MTB, mulai kerasa kebutuhan air minum karena keringatan abis dan seringkali bawa botol tidak mencukup. Lalu mulailah kepikiran pakai tas hydration (karena lihat2 di majalah). Karena waktu itu belum pernah baca review, dan kebetulan lihat di kaskus ada jual microban bladder maka dipesanlah satu. Sambil menunggu barang datang pikir2 pakai tas apa... browsing di google ternyata harga tas hydration cukup mahal. Pernah ketemu tas hydration dan beli di factory outlet murah 50rban cuman bisa isi bladder aja dan tidak bisa bawa apa2 ini fotonya.


Karena sepedahan semakin jauh dan perlu bawa perlengkapan akhirnya cari alternatif lain.setelah mengetahui prinsip tas hydration ready, maka ada ide untuk menyulap tas ransel biasa menjadi hydration ready. Waktu belanja di Giant ada counter outdoor equipment merek REI dan tas ransel outdoornya looks cool in black dan murah. Langsung diembat dan dengan perlengkapan jahit, benang hitam, velcro hitam beli di toko hardware dan karet lentur warna hitam. Mulailah project modifikasi tas ransel menjadi hydration ready (tidak lupa kantung jenis parasut warna hitam untuk dijahit di bagian dalam ransel agar menjadi tempat bladder bersarang.

Berkut hasilnya:
Membuat lubang dibagian atas lalu diperkuat dengan bahan tali tas tebal dijahit melingkar dan menutupi sisi kasar

Tas ransel REI

Diberi karet elastis hitam untuk menjaga selang hydration tetap dijalurnya

Jahitan di atas lubang untuk selang bladder yang diperkuat karet elastis hitam yang dijahit di setiap sisinya agar benang dari karet tidak acak-acakan dan memperkuat ikatan
Bagian dalam dijahit bahan parasut hitam ke bagian belakang ransel untuk tempat sarang bladder

Tidak punya ransel hydration ready? tidak masalah... silahkan mencoba. (Tapi karena harga tas hydration ready saat ini sudah cukup murah mungkin hanya 2 kali dari harga ransel biasa merek REI contohnya. Modifikasi ini jadi agak kurang relevan, lihat artikel ransel hydration Deuter).

No comments:

Post a Comment