Wednesday, May 5, 2010

Bike Equipment: www.gpsed.com - GPS track log di mobile device

Pikir2 ingin punya GPS seperti Garmin series terbaru untuk biking, tapi mahalnya sama kayak beli iphone, BB terbaru, sayang mendingan upgrade sepeda nya dulu. Search di Google apakah BB bisa dikaryakan untuk mencacat track atau rute yang sudah dilalui, ternyata menemukan http://www.gpsed.com/. Layanan ini free dengan beberapa feature yang menarik (ada lagi NavFun Pro, belum dicoba sih).

Feature:
1. Mencatat track/rute yang dilalui dan dapat menampilkan track/rute yang dilalui diatas google maps
2. Yang lebih asyik lagi track/rute bisa di update langsung secara online (kalau ada sinyal handphone) langsung ke website http://www.gpsed.com/ sehingga rekan2, saudara, ibu, nenek, kakek, anak, cucu dsb bisa mengikuti kegiatan kita, (istri malah bisa mengontrol ada dimana kita... wah yang ini berarti tidak bisa bohong lagi).
3. Bisa upload foto baik disimpan terlebih dahulu di mobile device atau di upload langsung secara online (kalau ada sinyal GSM/3G). Feature ini kalau bayar sepertinya (hanya sekitar 90rb an pakai paypal atau cc)
4. Sharing map langsung ke Facebook, Twitter, Blog dsb, setelah rute/track selesai dilalui.
5. Track bisa diconvert ke format gpx, dsb sehingga bisa di upload dengan program GPS routing lainnya.

Sayangnya belum ada feature untuk navigasi turn by turn dengan system ini hanya untuk track log, saja. (Sepertinya dengan Nav Fun Pro bisa). So... tunggu apa lagi, tinggal download, install dan aktifkan di BB, iphone dsb selama sepedahan dimana saja dan share your favorite route... jadi iklan nih.

Ini Home Track untuk latihan pagi, atau kalau sedang tidak kemana2:

Home Track - Click disini untuk melihat peta rute

Salam gowes-ah

Note:
Menyusul review tentang cara memasang BB, iphone atau handphone yang murah di stang sepeda. Kali ini BB dengan COZIP shell yang dipasang dengan bekas reflektor (cukup mantap, versi kedua sedang on the way agar lebih mantap lagi dan tidak takut jatuh, kalau kehujanan sih tetep aja... alternatif bungkus dengan plastic wrap, artikel menyusul beserta fotonya).


How it looks in website, bisa Handphone dgn J2ME, BB, iphone dsb. Tentunya yang sudah ada GPS nya


Track yang sudah di upload di website bisa langsung di share ke berbagai jejaring sosial

No comments:

Post a Comment