Sunday, October 24, 2010

Bike Equipment: Custom Red Giant - Dirt Jump Helmet

Masih dalam tema modifikasi si Giant Cherry Red - Limited Edition, ada ide untuk membuat helm pasangannya. Lihat2 helm murah yang bisa dimodifikasi akhirnya diputuskan untuk memilih helm tipe dirt jump karena memang lebih mudah di modifikasi (di cat) dan ruang untuk memasang sticker logo lebih luas.

Pilihan jatuh pada helm Mexel dirt jump yang mulai banyak dipasaran harganya pun masih ekonomis dibawah 200rb. Warna putih dijadikan pilihan. Sebenarnya Mexel dirt jump sudah ada warna merahnya namun merah cabe/Ferari yang bukan metalic. Karena si Giant Cherry Red warna merahnya di dominasi anodized merah tentunya lebih cocok warna metalik.

Awalnya ingin meniru warna anodized dengan pertama2 melabur helm dengan cat chrome lalu di lapis clear merah. Karena warna clear merah tidak ada yang siap pakai (cat semprot kaleng) maka dibatalkan (karena harus membuat sendiri.  Akhirnya helm yang dilabur cat chrome dilapis dengan warna merah metalic motor honda. Jadinya lumayan kinclong (karena warna merahnya semi transparant). Namun demikian bencana terjadi karena terlalu cepat atau karena memang cat chrome (tanpa cat dasar) mudah mengelupas, waktu di pasang cutting sticker langsung mengelupas dan mudah sekali catnya rontoh terkena senggol sedikit atau benda sedikit tajam.

Karena dianggap gagal maka cat langsung di rontokkan atau dikelupas ulang, dan helm kembali di amplas bersih, kali ini diberikan cat dasar dulu biar agak kuat. Dan di berikan cat silver metalic saja. Setelah kering semalaman paginya di labur cat merah metalik motor honda tipis saja. Lalu setelah kering hampir 8 jam, dan sticker yang sudah disiapkan dipasang.

Setelah sticker selesai dipasang helm dilabur kembali dengan car "Cargloss" clear acrylic. Yang ini cat clearnya mantap gloss nya dan bahan acrylic yang lebih kuat tahan goresan setelah benar2 kering. (cukup 2 lapis semprot tebal saja jangan lebih karena malah kurang kuat).

Jangan lupa lubang dan bagian bawah helm di tutup kertas atau bahan pelindung agar tidak terkena semprot cat karena bahan busa peredamnya mudah terpengaruh thinner cat.

Akhirnya jadi helm "Giant Red - Dirt Jump" yang dipasangkan dengan sepeda "Giant Cherry Red". Btw bukannya sponsor Giant loh... cuman biar synchronized aja... dengan brand dan thema nya...

Tampak Depan dengan logo Giant lengkap

Tampak Samping depan

Tampak Samping

Tampak belakang dengan logo lingkaran saja

Tampak samping terpakai

Dipakai istri agak kebesaran ukurannya.

Pasangan Serasi si Giant Cherry Red






No comments:

Post a Comment