Sunday, October 10, 2010

Bengkel Sepeda: Modifikasi Pengisi Angin untuk Sepeda

Bila memiliki kompresor kecil dan alat pengisi angin yang menggunakan meter (biasanya tersedia di toko perkakas) dapat dimodifikasi untuk mengisi ban sepeda. Pengisi angin ini aslinya memiliki selang pengisi dengan ujung yang hanya bisa digunakan dengan pentil sepeda tipe Schraeder, dan umumnya cukup sulit untuk mengisi angin menggunakan pengunci jenis aslinya.

Agar dapat mengisi ban sepeda dan menggunakan pengukur PSI secara lebih akurat, maka ujung selang pengisi sebaiknya diganti menggunakan selang dan pengunci pentil untuk sepeda.

Komponen yang dibutuhkan:
1. Nepel udara ukuran sedang yang sesuai dengan ulir untuk alat pengisi angin
2. Alat untuk melepaskan dan memasang nepel (Quick release system)
3. Selang dan pengunci pentil dari pompa sepeda yang tidak terpakai (yang bisa mengisi ban dengan pentil Schraeder atau Presta).

Caranya:
Cukup dengan melepaskan selang dari pengisi angin untuk ban mobil/motor yang asli, dan menggantinya dengan sistem quick release kali ini merek Krisbow.
Selang dari pompa ban sepeda beserta pengunci pentilnya dipasangkan ke nepel udara ukuran sedang yang dapat dipasangkan ke sistem quick release yang sudah di pasang ke alat pengisi angin.

Berikut adalah pengisi angin ban sepeda menggunakan alat pengisi angin dengan meter PSI, tentunya dihubungkan ke kompresor angin.

Pada saat digunakan kompresor dengan tabung atau tanpa tabung (harus dalam keadaan menyala) diisi dengan tekanan udara lebih besar dari tekanan udara yang akan diisi ke ban sepeda.

Dengan menekan pelatuk seperti pistol maka angin diisi ke ban sepeda, Jarum akan menunjukkan tekanan yang ada di dalam ban sepeda.

Panduan Mengisi Angin
Untuk awalnya tekanan angin bisa mulai di 40 psi, dan sebenarnya tekanan angin ban sepeda juga disesuaikan dengan berat badan pengendara sepeda itu sendiri. Untuk berat badan normal berkisar 60-80 Kg tekanan angin biasanya dikisaran 29-35 psi.

Tekanan angin juga dipengaruhi ukuran ban sepeda. Semakin besar ukuran ban misalnya ban 26x2.35 dibandingkan dengan ban 26x1.95 memiliki ukuran tekanan yang berbeda. Pada ban ukuran kecil misalnya 1.95 maka relatif memiliki tekanan udara lebih tinggi agar aman digunakan (mencegah snake bite dsb). Untuk ban 2.35 bisa menggunakan tekanan udaralebih rendah karena rongga udara ban yang lebih besar.


Pengisi angin ban sepeda yang sudah terpasang

Meter PSI pengukur tekanan udara


Rider Weight (pounds)
Road Tire Pressure (psi)
Off-Road Tire Pressure (psi)
110 
95-105 
35-38 
140 
105-115 
37-40 
170 
110-120 
40-43 
200 
120-130 
42-45 
230 
125-135 
45-48 


1 pound / 2.2 = 0.455 Kg

No comments:

Post a Comment