Saturday, April 17, 2010

Sepedahan Sendiri: Burning Calories via Tanjakan-Turunan

Diajakin Kang Petrus tadinya ke TW (Telaga Warna) dengan Gowel Bogor, tapi karena siangnya mau ada acara buat Ultah Anak, permisi ngak ikut. But thanks for the offer, wish could go there sometime later.
Sesuai komitmen untuk tetap bakar kalori dan upgrade dengkul tiap minggu, akhirnya pilih balik ke Sentul Uphill lagi lewat jalur arah Cijayanti (tidak ambil jalan pinggir tol krn pakai hardtail cape ah jalan jelek, padahal what the MTB for :). Ada 6 kali roller coaster on road ke jalur arah Cijayanti lalu belok kiri tembus di persimpangan UPH dan dekat gerbang Bukit Sentul. Istirahat sebentar untuk minum dan tarik napas. Lewat jalur arah Cijayanti beda bbrp menit vs. lewat pinggir Tol (Lagi males aja ajrut-ajrutan).
Setelah napas pulih, langsung gowes uphill ke puncak bukit Sentul (Taman Fantasy), perlu waktu 23 menit untuk jarak 2.3 km nanjak nonstop, disalip beberapa kali ama bule bawa road bike ngebut tenan tapi dia sempat break berhenti di bus stop, lalu kesalip deh, karena gowes nonstop, eh mendekati puncak ngebut lagi dia... trus lgs putar balik turun, buset deh tuh dengkul dan jantungnya.
Setelah sampai diatas akhirnya berhenti dibelakang Taman Fantasy, istirahat makan bekal roti coklat kacang keju buat isi bbm (bawa). Kali ini tidak bawa ransel hanya 2 botol minum (itupun akhirnya hanya kepake satu botol), selebihnya bawa badan (lumayan enteng rasanya).
Setelah istirahat skt 20 menit sambil foto dan ke toilet akhirnya lanjut tadinya mau nyoba onroad ke jalur Bj Koneng lalu putar balik arah jalan Cijayanti lanjut dari Bukit Sentul turun ke arah timur ngebut sampai 60km pr jam diturunan pendek namun terjal, Wadalaah, ternyata salah jalur dan buntu masuk ke perumahan sambil check di GPS BB, ternyata jalur yang tadi diatas ke arah Bj Koneng buset deh, terpaksa nanjak lagi balik ke tanjakan terjal setelah menikmati ngebut kencang turun. Lumayan. Akhirnya sampai diatas ngak jadi deh ke jalur Bj. Koneng, mutusin utnuk kembali turun ke arah gerbang Bukit Sentul lagi aja lgs pulang, lewat jalur datang.
Ternyata di roller coaster ke dua arah pulang (jalur Cimampar, tanjakan maut >45 derajat, gowesan lagi full, rantai sepeda lepas nyelip ke dalam (ngak tahu bisa begitu mungkin karena gowesan lagi kenceng2nya, tadinya dikira rantai putus). Betulin sebentar lalu lanjut pulang, total time 2,5 jam jarak skt 28km an.
Pemandangan rute di bangbarung dari jalan dekat rumah di pagi hari
Pemandangan dari belakang Fantasy Land
Si Biru istirahat dulu
Tanjangan lumayan terjal sampai rantai lepas