Friday, January 7, 2011

Sepedahan Keluarga: Taman Hutan Rakyat Dago tembus ke Warung Bandrek

Selama liburan Tahun Baru di Bandung, memang rencana gowes, yang tadinya ingin gowes yang lebih berat ke Cikole, Situ Lembang dsb, namun karena tidak ada guide atau kenal goweser lokal akhirnya gowes di tempat yang sudah tahu. Menggunakan GPS track dari Bung Katenzo (Blog nya Katenzo) akhirnya gowes ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Dago dan rencananya tembus ke Warung Bandrek di Dago Pakar dan turun kembali ke villa di Dago Pakar dekat Restaurant The Valley.

Berangkat jam 6 pagi dari Villa sudah di hadang tanjakan namanya juga The Valley jadi dari lembah naik dulu turun naik lagi ke arah Tahura Dago. Bareng Bro Aloy berdua, udara masih dingin karena hari biasa tidak banyak yang gowes kecuali yang libur/cuti mungkin. Ambil pintu 2 dari Tahura, masih belum ada yang jaga jadi langsung bablas ngak bayar deh.

Lokasi pertama yang dilewati adalah Gua Belanda, disitu sudah ada trekker 2 orang, rupanya pasangan yang suka trekking pagi2, langsung tancap gowes lewat jalur paving block yang agak licin jadi gowes harus diatur.

Tidak lama gowes cukup kaget karena di depan sudah ada pasangan yang tadi foto2 didepan gua Belanda, ternyata gua Belanda tersebut tembus ke track paving block yang melingkari gua, dikirain pakai magic bisa pindah tempat dan nyalip :)

Setelah permisi, karena memang mendahulukan trekker dibandingkan goweser, lalu tancap lagi, ternyata jalur di selingi oleh tanjakan2 yang cukup lumayan meski berganti antara tanjakan, jalan datar dan sedikit turunan, wah kapan nih nanjak terus nanti bisa2 tanjakan terakhir ke Warung Bandrek gila banget (dalam hati).

Beberap kali melewati pondok untuk istirahat, dan akhirnya ketemu pondok dengan pemandangan ke arah sungai dengan dam atau pintu airnya lumayan buat foto2 sambil tarik napas. Sepertinya lebih melelahkan mungkin karena udara dingin (sampai nafas pun mengeluarkan embun asap) dan juga oksigen yang lebih tipis kali ya? soalnya nafas lebih berat rasanya.

Gowes dilanjutkan dan ketemu jejeran warung yang baru buka, ngobrol bentar dengan ibu tua penjaga warung minta dibuatkan teh manis hangat ah... Tidak lama trekker yang tadi di salip muncul dari tikungan wuih cepat juga jalannya.

Gowes langsung dilanjutkan lagi dan akhirnya ketemu jembatan sesuai dengan petunjuk blog Katenzo dan di GPS disitulah terdapat jalan potong ke arah War Ban. Sudah kebayang tanjakan parah karena dari tadi belum nanjak setinggi War Ban. Setelah foto2 sebentar di Jembatan langsung menuju jalan potong ke War Ban yang ternyata single track berupa jalan tanah licin dengan sudut lebih dari 45 derajat sudah jelas harus TTB. TTB saja masih susah karena sepatu beberapa kali selip menginjak tanah yang licin. Ada beberapa track yang bisa digowes tapi tidak sampai 20% dari total tanjakan yang selebihnya harus di TTB. Cukup parah namun menyenangkan karena hawa segar dan masuk hutan.

Ternyata jalan tembus di Perkampungan, sambil permisi dan minta jalan akhirnya ketemu peradaban setelah melalui jalur hutan meski tidak panjang cukup memakan waktu 30 menit-an TTB dan gowes sedikit. Setelah kampung kembali ketemu jalan aspal menanjak ringan dan tidak lama belok kanan langsung terlihat Warung Bandrek, ah rupanya disini tembusnya, lega rasanya sampai juga, selain makan snack gorengan dan juice jeruk full peres yang segar... foto2 sebentar, dan lihat2 goweser yang baru tiba dan sudah nongkrong di War Ban. Akhirnya siap untuk turun. Seatpos di drop dan langsung ngacir ngebut turun... kecepatan bisa mencapai 60km lebih sambil sedikit bunny hop bila ketemu polisi tidur, yang pasti puas banget apalagi melewati beberapa goweser yang sedang susah payah nanjak ;) sedangkan kita ngebut turun...

Tidak lebih dari 20 menit sudah sampai di pertigaan jalan Dago Pakar, ambil ke kiri langsung nanjak ke arah Villa dan turun lagi ke lembah. Lumayan gowes singkat tidak lebih dari 2,5 jam yang menyegarkan selain masuk ke hutan lindung dan bisa turun ngebut... juga gowes nya tidak nanjak terus, kecuali TTB di jalan potong terakhir.
Jalur masuk Dari Gerbang 2 Tahura Dago Pakar
Masih jalan masuk di Tahura Dago Pakar
 Di Depan Gua Belanda dengan sepasang Trekker
 Bro Aloy juga foto Narsis dulu
Jalur Paving cukup ok, dengan udara segar meski dingin
 Pemandangan ke sungai dengan dam nya
 Foto Narsis dengan latar belakang sungai
 Sambil istirahat lumayan nafas agak pendek
 Gowes lanjut melalui hutan lindung dan udara yang segar, pemandangan serasa di majalah sayang jalur bukan tanah atau single trek...
Foto-foto di jembatan sebelum belok ke jalur potong, bila dilanjutkan bisa tembus ke Maribaya dan bisa turun ke Lembang sayang waktu terbatas jadi tidak lanjut ke Maribaya
Foto narsis di jembatan
Pose dulu di tanjakan TTB
Tanjakan awal jalur potong ke War Ban, licin, sepatu aja selip berulang kali

 Jalur single track memotong ke Warban TTB most of the time


Jalan aspal setelah ketemu kampung, menanjak sedikit belok kanan ketemu War Ban
Pemandangan dari War Ban, Foto2 tentang War Ban bisa dilihat di artikel nanjak ke Warban

3 comments:

  1. Manstabh Om, kynya klo rutenya dibalik dari Maribaya ke TaHuRa Dago Pakar, jadi lebih banyak turunannya ya, bakal rebih ringan kayanya tuh ?

    Kpn Om GoWes Bandung Utara lg ? Hehe..
    Newbie lg tertarik jg dgn Giant Fulsus, lg ngincer Trance 2 ni (warna nya mirip2 lah ama Midnight Blue nya.. huehehe), tp budget ngepas bgt.. T_T

    ReplyDelete
  2. iya Om, kalo dibalik bakal lebih seru tuh.. :D

    ReplyDelete
  3. Di balik lebih heboh? atau kalo termasuk penikmat djalan nanjak, dari warban langsung ke cartil, palasari, atau cobain trek warban to warban...

    ReplyDelete