Sunday, June 13, 2010

General Topics: Majalah Sepeda Dalam dan Luar Negri

Meski saat ini internet sudah menjadi sumber utama untuk informasi, namun hardcopy tetap merupakan sumber yang masih belum tergantikan (sampai nanti Ipad nya versi super tipis). Bacaan sebelum tidur, di perjalanan, majalah2 sepeda memberikan informasi menarik, review produk, tips2, sayang review track dalam negeri sangat jarang.

MAJALAH DALAM NEGERI

1. Ridebike
Majalah terbitan Gramedia ini sifatnya tematik, meski diselingi beberapa info umum, tapi didominasi oleh tema terbitannya. Misalnya waktu tema Downhill hampir 80% isinya tentang downhill, lalu Cross Country, dan terakhir  Sepeda Low Rider dsb. Dulu ada Seli tapi kelewat edisinya. Isinya terutama di seri Cross Country lumayan padat, baik review sepeda, review track JPG, Cihuni dsb. Sayang belum ada majalah yang menarik seperti di LN. Dulu Cycling ok tapi semakin kesini isinya agak tidak karuan. Ada dimana2 cukup banyak dan cepat habis sepertinya cetak terbatas?


2. Cycling
Majalah ini sepertinya yang paling lama mulai terbit di DN, kapannya kurang tahu, tapi sudah sering banget liat majalah Cycling Indonesia dari beberapa tahun lalu, kalau check di websitenya cycling.co.id, arsipnya sejak tahun 2000an. Melihat beberapa edisi tahun lama misalny 2008 dsb, isinya masih cukup oke ada tips service komponen, ada review track di dalam negeri, tapi terbitan terakhir isinya didominasi berita2 saja, dengan sedikit tips dan banyak juga review yang bersifat advertorial (alias iklan). Moga2 kritiknya nya sampai, dan bisa lebih baik lagi. Untuk nambah bacaan sebelum tidur. Dijual di toko2 buku ternama dipinggir jalan juga ada (loper koran) tapi terbitannya tidak teratur.



MAJALAH LUAR NEGRI
1. Spin (Singapore)
Majalah ini sebenarnya dari Singapore? atau Malaysia karena didominasi toko2 di Singapore dan cerita2 seputar Asean. Lebih banyak review advertorial dari merek2 sepeda mungkin dapat income ya. Lumayanlah ada beberapa review produk baru. Tapi review nya sepeda secara umum bukan hanya MTB saja, jadi mixed category sih. Dijual di toko buku ternama di kota2 besar sepertinya. Jadi membelinya tidak masalah, cukup mudah. Hanya saja sama seperti 2 majalan DN, terbitannya masih tidak teratur? atau masuk kesininya bermasalah?



2. Mountan Bike Action MBA (US)
Ini majalah favorit untuk majalah LN, bahasan tips lengkap, review cukup bervariasi dan ok rekomendasinya, ada iklan, barang2 baru, Trek2 menarik di US (terbitan US). Jadi bisa melihat orang US main MTB nya dimana dan seperti apa. Informatif isinya. Harganya yah lumayan karena import, tapi karena kertasnya relatif tipis masih cukup reasonable untuk majalah luar. Bacaan yang direkomendasi untuk pencinta MTB. Bisa diperoleh di toko buku Times atau KinoKuniya atau outlet penjual majalah asing (di Gramedia GI, Matraman dsb)


3. Mountain Bike Rider - mbr (UK)
Majalah terbitan UK ini juga berbobot isinya, bahkan ada review track dengan peta, rating tingkat kesulitan, dan tips2 untuk mencoba track yang dibahas cukup detil. Patut dicontoh oleh majalah dalam negri. Reviewnya juga lengkap seperti MBA diatas. Referensi harga dalam Pounds tentunya. Kalau mau pesan barang ada alamat website yang melayani international order sama seperti MBA diatas. Majalah LN kedua yang isinya mantap untuk para pencinta MTB. Recommended. Sama seperti diatas dapat diperoleh di outlet penjual majalah asing (hanya saja lebih jarang ditemukan)


4. Moutain Bike (Australia)
Majalah MTB berikutnya yang berbobot isinya datang dari Australia negara tetangga, isinya hampir sama dengan 2 majalah diatas, cukup berbobot dengan review2 menarik. Hanya saja lebih jarang bisa ditemukan di  dalam negri. Edisi dibawah ini membahas rute dengan pemandangan menakjubkan di New Zealand, bisa jadi cita2 suatu saat untuk XC di sana hmmm... mimpi dulu ah.

5. Cycling Asia (Asia)
Ini salah satu versi Asia dari majalah luar Cycling (apakah Indo version juga dulunya mengambil lisensi? sekarang tidak?) Isinya bahasan/review produk, trek2 di Singapore, dan Malaysia, berita2 dari Indonesia dan sebagainya. Secara konten cukup berbobot dan menarik, disertai tips, tapi karena majalah bi-category alias dua kategori yaitu MTB dan Road (di split dua bagian) jadi agak kurang maksimal untuk pencinta MTB, namun lumayan bisa baca2 review di category Road. Hanya saja majalah ini beredar di Singapore deh, karena coba nyari di Jakarta belum ketemu.

6. Moutain Bike Magazine (US)
Majalah tipis ini terbitan US, isinya agak sedikit unik, baik tips dan reviewnya namun gayanya agak kurang teknis jadi kalau mau mencari detil informasi review agak kurang, tapi bahasan artikelnya cukup dalam seperti bagaimana pembuatan sepeda karbon seperti yang ada di edisi dibawah ini. Mencoba berbeda dari MBA, ukuran tipisnya tidak juga membuatnya jadi murang banget. Hanya beda sedikit dengan MBA mungkin kalah volume saja. Majalah ini ditemukan di toko buku Times di Jakarta, kurang tahu kalau di outlet majalah asing apakah mudah ditemukan atau tidak.



7. Bicycling (US)
Majalah umum sepeda, sepertinya terbitan US, didominasi sepeda Road, ada sedikit bahasan sepeda MTB, tapi secara umum majalah ini bersifat umum dalam membahas kategori sepeda.

3 comments:

  1. hye..saya mike photographer dari majalah cycling asia.jika kamu berminat mendapat majalah cycling asia kamu boleh e-mail saya mike@cyclingasia.net..kami dari cycling asia akan cuba memasuki pasaran indonesia tahun ini..

    ReplyDelete
  2. bagi yg ingin majalah sepeda tapi lama eks kolpri, saya mau jual majalah Mountain Biking dan Bicycling.
    stok dapat diliat di
    http://pustakacombat.blogspot.com/2011/05/majalah-sepeda-bicycling.html
    http://pustakacombat.blogspot.com/2011/05/majalah-sepeda-gunung.html
    harga nego
    cp saya 081578830445

    ReplyDelete