Saturday, February 20, 2010

Bike Equipment: Kuwahara Rebuild

Melihat onggokan Kuwahara warna biru di rumah Mertua yang tidak terawat langsung terbersit untuk upgrade dan membuatnya tampak baru lagi.
Setelah mempelajari beberapa hal (komponen, design, dan kebutuhan upgrade lainnya). Maka project "Kuwahara Rebuild" ini dimulai. (Foto-foto lengkapnya ada di Facebook Photo Album: http://www.facebook.com/album.php?aid=55844&id=1315345580&l=b8367627b7.

Tahapan:
1. Tentunya membongkar komponen lama sampai tinggal rangka, handlebar, seatpost, fork dsb.
2. Pengelupasan cat lama dengan menggunakan paint remover... pekerjaan yang cukup bau, dan cukup berbahaya kalau kena mata (burning) dan kulit gatal2/panas. Tentunya rubber glove yang chemical resistant akan membantu jangan lupa google industrial untuk melindungi mata.
3. Kuas perlahan sampai merata dan sampai cat melunak, sisanya bisa digosong dengan kape, atau plat lain, kalau masih kurang bisa diulangi tahap 2.
4. Setelah bersih, sisa2 cat diamplas kasar grit 400, lalu setelah selesai diamplas halus grit 1000
5. Setelah OK sebernarnya kalau mau bagus di cat dasar epoxy (seperti di mobil, base paint ini akan membantu merekatkan cat lebih sempurna. Namun tahap ini dilewati karena sudah keburu napsu dan tentunya malas bongkar pasang paint sprayer dan kompresornya (biasa digunakan untuk paint brush model kit).
6. Maka langsung dilakukan pengecatan warna putih. Perlu berlapis-lapis kira2 3-4 kali dan setiap lapisan ditunggu hingga kering (diangin2 diluar). 3 Kaleng warna putih, dan 1.5 kaleng warna hitam doff (untuk handle bar dan seat post serta warna hitam lainnya spt: Stem, Headset orisinal.
7. Setelah base paint selesai maka disiapkan cutting sticker yang sebelumnya sudah dibuat dengan Corel Draw (cari di Internet logo Shimano dan Font Kuwahara yang unique, serta font lainnya. Dikirim ke tukang cutting sticker dengan harga 200 Rupiah per cm2, cukup murah.
8. Cutting sticker di tempel di bagian yang sudah direncakanan (dulu rencananya menggunakan software bike design gratis di internet)
9. Setelah cutting sticker selesai ditempel lalu dilabur clear coat dengan cat merek yang sama (base enamel). Sama dengan cat dasar 2 kaleng habis untuk melabur frame dan rigid forknya. Logo Shimano dan Kuwahara Customized nya akhirnya terlapis.
10. Proses pengecatan selesai dalam waktu 2x weekend (pertama cat dasar ditunggu kering hingga seminggu karena mencatnya weekend doang). Lalu clear coat weekend kedua.
11. Setelah kering semua barulah siap dirakit.
12. Sebelumnya secara bersamaan hunting component sepeda yang baru, terdiri dari crankset (BB orisinal), RD, FD pakai Alivio berikut shifternya yang Altus, Grip, tanduk, kursi Velo warna putih (akhirnya diganti dengan sadel Kuwahara - Velo orisinal, Rim-Hub menggunakan Formula dan Axel rim warna putih untuk V-Brake (dapet di Oki Sanajaya cuku susah V-Brake rim putih), spoke std warna hitam, V brake std, dsb. Dibeli diberbagai toko, terutama Oki Sanajaya (Cibinong), Roxy, Lapakeaka
13. Akhirnya tahap merakit dimulai. Pertama dari fork, lalu BB dan Crank, lalu FD serta RD dan rantainya (std 8 speed Shimano), dan pasang rim-ban dsb. Lalu penyetelan FD serta RD.
14. Untuk penyetelan FD sukses karena perpindahan mulus, sedangkan penyetelan RD tidak ketemu2 akhirnya besoknya hari Minggu langsung dibawa ke All About Bike di Bangbarung dan minta bantuan kang Hendi untuk setelan (ternyata hanya perlu diputar setelan akhir dari kawat penarik di ujung RD, Low High nya sudah OK.
15. Akhirnya selesai "Kuwahara Rebuild" project dengan logo "Kuwahara Customized" btw dipilih ban 26" yang road type sehingga terlihat seperti Hybrid tapi ttp 26" bukan 700C.
16. Langsung di jajal di trek harian, dan Minggu berikutnya ikutan di acara Fun Bike Sejuta Kawan Polda Jabar. Sempat stem kendor karena goncangan (kurang kencang). Dan terakhir dipakai rantai sempat putus karena sudah disambung pasang 5 kali (gara2 pertama kali pasang rantai uji coba).









Completed bike:
Frame: Tange CR-MO, Kuwahara M3.5 Parkway
Shifter: Shimano Altus (with numbers indicator type)
Brake handle: Shimano Altus (integrated with shifter)
Front Deraileur: Shimano Alivio
Read Deraileur: Shimano Alivio
Chain: Shimano 8-7 speed chain set
Cassette: Shimano 8-speed CS-HG30 11-32T black
Front and Rear Hub: Formula non bearing
Crankset: Shimano Acera
Pedal: United
Bottom bracket: Original (clean up only non bearing)
Fork: Original CR-MO Tange
Headset: Original
Stem: Allumunium Original
Handle bar: Original
Grip: Velo with fastener
Vertical grip: Uno short
Seat post: Original, Allumunium Sakae brand
Sadle: Velo White
V-Brake: generic brand (forget the brand name)
Wheel rim: Alexrims - Ace-19 White V-Brake type
Tire: 26" Maxxis - Detonator, with White rim (road type)
Tube: Kenda, presta

1 comment:

  1. wah gue baru mau bangun nih kuwahara jadul gue, nanti kalau udah jadi ta posting ya

    ReplyDelete