Sunday, September 5, 2010

Bike Equipment: Cherry Red - Anniversary Edition

Hadiah buat my beloved for Wedding Anniversary... ya sepeda lagi... moga2 ngak bosan.

Project kali ini memang pengin banget lihat frame putih di pimp up, waktu itu Kuwahara di pimp up dengan hitam dan putih. Untuk yang ini warna merah sesuai dengan tema anniversary, cocok. Hunting component sudah cukup lama dengan mengumpulkan berbagai komponen warna merah terutama warna merah anodized dipadukan dengan frame putih akan terlihat kontrasnya.
Secara overall project harus dengan budget yang lebih terjangkau dan bukan boutique bike project yang tentunya pilihan2 komponen lebih beragam.
Thema juga pimped up MTB (dan bukan Fixie atau single speeder, karena sudah umum) dan lagian kalau sepedahan di Indo, sepertinya lebih cocok MTB dengan jalan yang rusak dimana2.

Frame:
Setelah hunting frame terutama ukuran kecil XS (14 inch kebawah) biar cocok untuk ladies, akhirnya jatuh ke Giant ATX 7 putih XS. Frame putih lainnya ukuran kecil cukup langka sehingga tidak dipilih. (Sesuai dengan budget maka frame dipilih frame yang relatif terjangkau) bila budget tidak terbatas tentunya frame2 boutique bike seperti Ibis (putih), Tomac putih, Merida sepertiny ada juga, dsb sangat menggoda.
Fork:
Karena menggunakan komponen cukup berat (rims, dan roda belakang), maka dialihkan ke air sus, yang lebih terjangkau, agar lebih nyaman. Tadinya ingin warna putih juga tapi di level ini warna putih murni jarang kebanyakan warna putih mutiara. Untuk putih yang sesuai frame ada di level medium (seperti Manitou dsb, tentunya diluar budget).
Component:
Dipilih Deore 2009 dengan crankset dan brake set dipilih yang lebih murah agar terjangkau, sprocket dapat yang SRAM 9 speed. Overall sudah memadai.
Pimped Up Parts
Masuk ke komponen-komponen Pimp-ed Up, maka dipilih warna all red-anodized di parts yang menarik mata, seperti handle bar (merek Pro), stem (merek Pro), Seat post (merek Pro), sedangkan spacer dapat merek Neco dengan warna ano-Red yang serupa. Komponen lain yang di pimped up adalah pedal dapat merek Exustar, sebenarnya merek Wellgo baru lumayan banyak warna2 dengan berbagai bentuk yang mirip dengan merek  Xpedo yang relatif lebih mahal. Satu lagi yang dipilih ano red adalah grip Token dengan ring fastener warna ano-red. (dua parts lagi yang masih belum ketemu, yaitu ano red water bottle hanger, dan seatpost clamp / sebelumnya sudah dapat tapi ukurannya kekecilan padahal mereknya sama Pro).
Bagian yang paling utama dan dominan yaitu Wheelset. Pilihan warna merah red-anodized cukup jarang dan paling tersedia tentunya Crank Brother Iodine dan seri lainnya, dengan harga yang sudah terlalu jauh dari budget. Setelah hunting akhirnya dapat Brave D-Lux series, sebenarnya frame lebar 32mm ini lebih cocok untuk Enduro, DirtJump atau Street Bike yang menuntut kekuatan rims, (dampaknya rims lumayan lebih berat dibandingkan untuk XC). Pilihan lain sebenarnya ada yaitu Azonic Outlaw series.
Tire:
Karena ini sepeda buat Fashion, pilihan ban dibuat nekat yaitu Maxxis Hookworm 26"x2.5 dibelakang ukuran besar tersebut hampir memenuhi chain dan seatstay. Selain untuk fashion ukuran 2.5 inch lebar akan memungkinkan tekanan ban rendah sehingga terasa lebih empuk dibandingkan ban kecil dengan tekanan lebih tinggi. Sekalian ngakalin karena ini hardtail untuk ladies jalan tetap relatif lebih nyaman. (Meski tidak bisa menggantikan fungsi rear shock). Untuk ban depan dipilih Maxxis Maxilite 310 agar terlihat kecil (dan lebarnya hampir sama dengan lebar luar rims). Sebenarnya mau coba Detonator hitam yang ukurannya 1.5 lebih kecil lagi dari Maxilite yang 1.95, belum ketemu, dan sepertinya agak maksa. Namun lebih ekstrim perbedaannya. (Pekerjaan Rumah buat coba2 nanti liburan).

Karena untuk ladies dipilih sadel Velo Plush Gel ventilated, karena memang empuk.

Perakitan:
Seluruh perakitan dilakukan sendiri kecuali, Pemasangan jari2 steel (tadinya DT swiss kemahalan ini sih) dan pemotongan fork agar sesuai tinggi yang diinginkan yang dilakukan di toko sepeda. Sisanya dirakit dirumah.

Proses:

  1. Perakitan lebih dulu ditujukan untuk memasang headset (yang sudah terintegrasi, merek Cane Creek VP - licensed Taiwan), karena sudah terintegrasi cukup mudah. Yang cukup sulit hanyalah pemasangan crown race yang perlu sedikit kreatifitas karena tidak punya alatnya (karena perlu menggunakan palu agar crown race masuk dengan ketat ke fork. Hati2 menangani fork Epicon yang mudah lecet catnya sebaiknya dibungkus. 
  2. Masih disekitar area ini, pemasangan jangkar ke bagian fork sekali lagi harus kreatif, ada ide baca di buku menggunakan stem yang tidak terpakai untuk guide, lalu menggunakan seatpost sepeda lama (batangnya yang relatif kecil ukurannya) untuk menekan jangkar masuk (pukul pakai palu). Berikan jarak sekitar 1-1.5 cm antara jangkar dan permukaan pipa fork/suspensi.
  3. Dilanjutkan dengan pemasangan spacer dan stem, serta handle bar yang relatif mudah.
  4. Bagian berikutnya dilanjutkan dengan pemasangan Bottom Bracket (BB) Shimano Octalink menggunakan tool khusus (cukup murah beli di toko sepeda lama). Jangan lupa berikan pelumas/gemuk agar mudah masuk dan tidak rusak (metal binding).
  5. Bagian berikutnya lari dulu ke bagian wheelset agar sepeda bisa berdiri sebelum komponen lainnya terpasang. Rims yang sudah dipasang dengan jari2 steel ke hub Novatec Best, siap dipasang ban dalam dan ban luar (berikan rim tape karena lubang2 di rims cukup tajam). 
  6. Ban dalam ukuran belakang khusus ukuran besar (biasa buat ban DH, DJ dsb, kali ini dapat buatan Kenda). Dipasangkan dengan ban luar Maxxis Hookworm. Setelah dipompa siap dipasang. Begitu pula ban depan dengan ban Maxxis Maxilite 310 dengan ban dalam ukuran normal. Keduanya menggunakan tipe pentil schraeder karena lubangnya besar di rims (tidak bisa presta).
  7. Setelah kedua ban siap. Ban belakang terlebih dahulu dipasangkan sprocket SRAM 9-speed, dan rotor disc brake ukuran 6 inch dari Shimano turut dipasang. Berikutnya rotor disc brake untuk ban depan.
  8. Setelah kedua ban siap lalu dipasang ke frame sehingga frame bisa berdiri dengan tegak dan pemasangan komponen lainnya lebih mudah. Sudah bisa dipasang di segitiga penyangga.
  9. Tahap berikutnya dilanjutkan dengan pemasangan crank octalink. 
  10. Dilanjutkan dengan pemasangan FD dan RD terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan shifter dan brake lever. Untuk sistem rem, langsung bisa dipasang ke frame untuk rem belakang, sedangkan rem depan perlu spacer karena fork Epicon memiliki dudukan yang berbeda (disamping hingga perlu spacer 6 inch).
  11. Shifter dipasang berikut kabel luar (selongsong kabel shifter) bagian depan, lalu kabel di routing dibawah top tube ditempat yang sudah disediakan dan diberikan selongsong pendek ke FD dan juga ke seatstay dan sekali lagi selongsong terakhir ke RD.
  12. Jangan lupa pengatur tegangan shifter di unit shifter dikendurkan dulu agar penyetelan lebih mudah. Bagian FD juga di set maksimum dan minimumnya (berikan jarak FD ke Chainring sekitar 3-5mm.
  13. RD juga di set maksimum dan minimumnya. Baru baik FD maupun RD kawatnya di kencangkan.
  14. Lakungan pengaturan FD dan RD (lihat bagian nge-bengkel di topik terpisah). Setelah kedua FD dan RD berfungsi dengan baik, umumnya diakhiri dengan penyetelan tegangan shifter, kabel dipotong menggunakan pemotong kabel baja, lalu diberikan kondom kabel shifter akar tidak mudah terurai.
  15. Pemasangan dilanjutkan dengan pemasangan pernak pernik seperti, grip (sebenarnya bisa dipasang berbarengan dengan shifter dan brake lever.
  16. Seatpost dengan sadelnya tidak lupa seatpost dipasangan shim atau seatpost converter dari 27.2 ke 30.9 karena seatpost nya ukuran 27.2.
  17. Pedal dipasang terakhir karena lebih banyak menggangu bila dipasang terlebih dahulu.
  18. Pemeriksaan terakhir berikut pemasangan anti gores di kabel rem/shifter (selongsong karet, atau sticker di frame agar frame tidak baret dan tetap terjaga mulus.
  19. Setelah selesai dilakukan pengetesan shifter waktu dibebani (alias di gowes) kalau masih kurang pas bisa diatur lagi ketegangan shiftingnya.
Setelah selesai baru di lakukan pemotretan untuk arsip dan tentunya show off karena memang ini Pimped MTB for fashion anyway :) 

Just another way of having fun in Bicycle Hobby. Anyone would like to order? Pimped your MTB...

Tampilan Cherry Red - Anniversary Edition
Pro Handlebar, stem dan Neco spacer - Ano-Red
Brave D-Lux 32 - Rims - cukup balanced dengan tire nya
Suntour Epicon glossy black lebih cocok dibanding warna putih
Pedal Ano Red Exustar
Seat post Pro 27.2 + Shims dan Sadel Velo Plush Gel
Velo Plush Gel, pas logonya merah juga
Spacer Neco, Stem Pro dan integrated headset CaneCreek
Grip Token dengan ring merah
Frame ATX 7 ukuran paling kecil XS (14 inch)
Hub Novatec Best
Brave Machine Rims
Maxxis Hookworm 26"x2.5" really looks big
Pose si Cherry Red - Anniversary Edition


Kalau ada ide dan mau pesan... feel free to contact...

No comments:

Post a Comment