Thursday, December 23, 2010

Sepedahan Bersama: BNR - Biotrop - Rancamaya - BNR 2nd Trip

Kali ini sepedahan bareng Bro Aloy dan Haris (Ais) untuk mencoba jalur Biotrop BNR, karena berdua belum pernah. Janjian di BNR untuk taruh mobil disitu agar pulangnya lebih enak ngak perlu gowes siang2 panas lawan si hijau angkot. Kebetulan rencananya pulang gowes anak2 menyusul untuk berenang di Jungle.
Setelah sepeda di pasang ulang dan persiapan lengkap akhirnya langsung jalan, ternyata air minum ketinggalan di mobil dan supir sudah cabut. Sialnya toko2 disitu masih pada belum buka maklum hari Kamis hari biasa, yang sepedahan juga tidak ada.
Setuju untuk mampir di toko yang ada nanti waktu menuju Tajur-Biotrop. Setelah mampir di toko sekitar Sukasari perjalanan lanjut ke arah Biotrop, Ais ngebut dengan sepeda merek "S" nya yang baru... Ganti dari "G" ke "S" :).

Sampai di Biotrop istirahan sebentar, sempat ambil jalur yang salah untuk masuk ke pintu belakang, setelah ketemu langsung dihadang turunan dan tanjakan maut. Selain sudutnya yang curam, juga licin, berbatu dan kombinasi semen/beton. Rumus licin dan ban ngepot. Kali ini pakai Anthem (Waktu pertama pakai Trance) dan dengan ban 1.95 Maxxis Crossmark yang kenceng tapi sudah jelas kurang grip di jalur batu dan licin seperti ini.

Sayang gowes kali ini jadi kurang sip karena tidak bawa kamera. Sepertinya persiapan sudah lengkap ternyata masih kurang disana sini. Setelah gowes di jalur jalan kampung semi off road (macadam, tanah dan aspal rusak), akhirnya sampai di warung pertigaan jalan ke arah Rancamaya dan Cipaku (ke kanan). Beli minum dan Ais ngebul dulu sebentar, jalan dilanjutkan dengan nanjak santai ke arah Rancamaya. Sempat kelewat jalannya dan masuk ke terowongan jembatan jalan perumahan Rancamaya akhirnya putar balik dan masuk ke perumahan. Sampai di jalan perumahan nanjak santai lagi sambil lihat2 rumah mewah dan lapangan golf dengan golfer dan caddy nya. Akhirnya sampai di pertigaan Golf Rancamaya ambil kiri dan langsung turun ke kanan (ternyata salah jalur lagi) ketemu jalan turun langsung ngebut dengan berkali2 bunny hop/jump setiap kali ketemu polisi tidur. Sampai di pintu keluar baru sadar ini jalur yang salah. Wah, gila jalur yang salah nya di atas... dengan berat hati akhirnya gowes balik ke atas. Sampai di pos satpam ambil ke kanan akhirnya ketemu spot untuk foto2 dengan latar belakang gunung Salak. Ini baru jalur yang benar. Setelah selesai foto2 Narsis dengan BB nya Ais akhirnya lanjut dengan jalur turun ke Cihideung jembatan kereta api dan warung favorit untuk sarapan pagi.

Sampai di warung istirahat makan pagi buras + gorengan + teh manis hangat... mantap. Setelah cukup istirahat lanjut gowes lagi menyeberangi jembatan rel kereta api dan ambil kanan disambut tanjakan terjal dan tidak cukup satu namun berkali2 nanjak terus di jalur aspal rusak dan bagus bergantian. Akhirnya ketemu jalan utama langsug ambil kanan dan nanjak lagi sedikit dan akhirnya di beri hadian jalur turun.

di sekitar pertengahan jalan utama ambil jalan ke kiri masuk ke perkebunan, disini jalur memotong ke arah BNR berupa jalur single trek (serasa di Rindu Alam saja). Beberapa goweser sering ambil jalur ini dari bawah, tapi tentunya lebih enak turun... memakai Anthem dan clipless/cleat memang agak kagok tapi tidak mengurangi keasyikan melewati jalur single trek ini.

Sampai dibawah ketemu jalan macadam aspal rusak dan kembali ke jalan aspal dan keluar di BNR (sedikit di atas Jungle).  Selesai akhirnya trip BNR-Biotrop-Rancamaya-BNR.  Jalur asyik tentunya thanks untuk crew AAB Bangbarung terutama pak Sam senior goweser yang pernah menunjukkan jalur ini... Kombinasi On Road, Off Road, Single Trek, Tanjakan dan Turunan menyebabkan jalur ini tidak membosankan apalagi pemandangan gunung, sawah, kebun dan perkampungan memberikan selingan yang asyik... balik lagi aaah....

Jalur GPS BNR-Biotrop-Rancamaya-BNR total sekitar 25km

Kontur track sekitar 400m elevasi naik turun

Foto-foto courtesy from Haris Thambris BB

Di Warung pertigaan Cipaku-Rancamaya

Bro Aloy (di jalur salah bukan ke Rancamaya)

Sekali-kali di foto
Ayo putar balik salah jalur nih...
Ais dan Bro Aloy foto narsis dengan latar belakang Gn Salak di Rancamaya
Foto Narsis bareng Bro Aloy (Thanks Ais)
Foto-foto dulu sebelum menyeberang jembatan rel kereta api (setelah sarapan di Warung)
Tanjakan maut setelah rel kereta api, jalur semen di gowes langsung meleset... alias licin
Foto narsis Bro Aloy dengan latar belakang Kota Bogor... mantap disini viewnya.